Direktur Jenderal (Dirjen) Pengembangan Ekspor Nasional (Pen) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Nus Nuzulia Ishak mengatakan produk unggulan berupa kopi Indonesia laku terjual mencapai USD 18 juta (Rp 275,5 miliar) atau setara 200 kontainer dalam Specialty Coffe Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat (AS) Menurut dia, hasil tersebut mampu menjalin kerja sama dalam penjualan produk Indonesia.
"Transaksi tersebut merupakan hasil nyata dari upaya kita mendorong ekspor komoditas kopi Indonesia ke AS. Diharapkan kualitas kopi yang baik dari beberapa supplier tersebut memastikan kelanggengan hubungan dagangnya dengan mitra di AS," ujar Nus seperti dilansir Antara, Minggu (17/4).
Hingga hari ke-2 pada pameran yang berlangsung 14-17 April 2016 ini, Indonesia berhasil menandatangani nota kesepahaman (MoU) pembelian kopi senilai USD 18 juta antara anggota Asosiasi Kopi Spesialti Indonesia (AKSI) dengan Royal Coffee Inc. California dan New York.
Nus menambahkan, transaksi tersebut diharapkan terus meningkat hingga pameran usai. Nus yang didapuk ketua Delegasi Indonesia membuka secara resmi Paviliun Indonesia yang mengusung tema 'Remarkable Indonesian Coffee: Home of the World's Finest Coffee'. Indonesia menjamu audiens dengan berbagai sajian jajanan pasar Indonesia, seperti permen dan biskuit yang menjadi favorit para pengunjung.
Selain itu, juga ditampilkan sajian budaya melalui permainan angklung dari House of Angklung yang berbasis di Washington DC, dan juga coffee cupping untuk specialty coffee pilihan, untuk lebih memperkenalkan dan mempromosikan ragam specialty coffee Indonesia.
Sumber : http://www.merdeka.com
No comments :
Post a Comment